PENGUASAAN KONTEN
A. PENGERTIAN Bantuan yang diberikan kepada individu untuk menguasai kemampuan atau kompetensi (konten) tertentu melalui kegiatan belajar. Kompetensi adalah kualitas seseorang atau kecocokan seseorang yang bisa ditampilkan untuk keperluan tertentu. Layanan ini merupakan istilah baru dari layanan pembelajaran yang telah diartikan seperti pengajaran yang dilakukan oleh guru. B. TUJUAN Umum : agar terkuasainya konten atau kompetensi tertentu serta menambah pemahaman, mengarahkan sikap dan kebiasaan tertentu, memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalahnya. Khusus: 1. Fungsi pemahaman Memahami konten/kompetensi yang diperlukan. 2. Fungsi pencegahan Konten yang dipelajari akan mengarahkan individu kepada terhindarinya dari masalah 3. Fungsi pengentasan Penguasaan konten diarahkan untuk mengatasi masalah yang sedang dialami 4. Fungsi pengembangan dan pemeliharaan Penguasaan konten akan m engembangkan individu dan memelihara potensi yang dimilikinya. 5. Fungsi advokasi Individu dapat membela diri terhadap ancaman atau pelanggaran terhadap hak-haknya. C. KOMPONEN 1. Konselor Tenaga ahli yang menyelenggarakan layanan dengan menggunakan berbagai modus dan media yang ada. Konselor juga menguasai konten yang menjadi isi layanannya. 2. Individu Seorang atau sejumlah individu yang memerlukan layanan 3. Konten Satu unitu materi yang menjadi pokok layanan atau pelatihan yang diberikan oleh konselor. D. PENDEKATAN DAN TEKNIK Konselor hendaknya mengembangkan dua nilai proses pembelajaran yaitu: 1. High-touch Kewibawaan, kasih saying, keteladanan, pemberian penguatan, tindakan tegas yang mendidik. 2. High-tech Materi belajar (konten), metode, alat bantu belajar, lingkungan belajar, dan penilaian hasil. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar